Rabu, 19 Juli 2017

Manfaat Cabe Untuk Kesehatan Tubuh

CABE
==========>
Cabai biasa dikenal sebagai bumbu masakan pada anda yang menyukai cita rasa pedas. Tanaman cabai banyak dijumpai disetiap rumah. Hal ini karena tanaman cabai cukup mudah untuk ditanam dan tidak memerlukan banyak tempat. Cabai tentu saja sebagai salah satu bahan alami yang menghasilkan warna merah dan rasa pedas pada masakan. Meskipun cabai ini sering dikaitkan dengan gangguan pada perut, namun sebenarnya cabai menyimpan manfaat yang amat berguna bagi tubuh dan ternyata cabe juga mampu meningkatkan stamina tubuh namun harus tidak berlebihan , apalagi cabe ini juga memiliki manfaat yang sama dengan Titan Gel yaitu mampu menjaga kesehatan tubuh juga mampu memperkasa stamina jaringan organ vitalitas secara alami dan aman sehingga mampu menjadikan vitalitas sehat kuat alami dan bagus untuk membangkitkan stamina .Cabe rawit merupakan salah satu tanaman yang termasuk kedalam jenis sayuran, tanaman ini sering digunakan untuk masakan agar masakan memiliki cita rasa yang beragam dengan keberadaannya cabai rawit tersebut. Rasa yang disumbangkan oleh manfaat cabe rawit merupakan rasa pedas, hal ini dikarenakan pada tumbuhan cabai rawit terdapat capsaicin yang menghasilkan rasa pedas pada tumbuhan ini.
ads

Cabai rawit memiliki nama ilmiahnya yaitu Capsicum frutescens yang masuk kedalam tanaman Solanaceae atau terung-terungan. Jenis cabai rawit pun berbeda-beda, diantaranya cabai rawit putih, cabai rawit ceplik, cabai rawit ceblik hijau. Dimana cabai rawit ini memiliki kandungan capsaicin yang berbeda dengan setiap mg/g berat kering, capsaicin yang paling banyak terdapat pada cabai rawit putih dengan angka 13,5 mg/g berat kering.

Manfaat Cabe Bagi Kesehatan, Wajib Anda Ketahui!!-Cabe lebih dikenal dikalangan masyarakat sebagai bumbu dapur dan sebagai penambah rasa pedas. Cabe mempunyai banyak jenis misalnya cabe hijau, cabe merah,cabe kriting , cabe rawit dll. Cabe pada umumnya diketahui masyarakat sebagai penyedap rasa dan sebagai penambah napsu makan. Cabe mempunyai rasa khas yaitu rasa pedas , rasa pedas ini lah yang membuat kita menjadi tambah nafsu makan. Apalagi bagi kebanyakan orang Indonesia yang memang sangat suka makan makanan bercita rasa super pedas.

Manfaat cabai untuk kesehatan - Mendengar kata cabai pasti langsung terlintas dipikiran kita tentang rasa yang pedas dari tumbuhan yang satu ini,Manfaat cabai sebagai bumbu masak memang begitu penting,Bagi sebagian orang yang menyukai pedas,Menyantap makanan tanpa adanya cabai dirasa kurang pas dan sedap.Cabai juga berkhasiat untuk menambah nafsu makan.

Tumbuhan cabai bisa digolongkan kedalam jenis buah-buahan atau juga rempah,tergantung bagai maka kita mengolahnya,Tanaman dengan nama ilmiah genus capsicum memiliki beberapa jenis,Dari cabai merah besar,cabai merah keriting dan juga cabai rawit hijau.Keseluruhan jenis cabai tersebut selain kaya manfaat dan khasiat juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi,Di indonesia pada musim-musim tertentu seperti hari raya lebaran harga cabai bisa dipastikan melambung tinggi,Ibu-ibu pasti sudah paham akan hal ini.Memang cukup memusingkan tapi bagi pencinta cabai hal itu terkadang tidak masalah.

Kita bisa memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam cabai,Dalam skala kecil menanam cabai tidaklah begitu sulit,Kita membutuhkan media tanam seperti pot agar cabai bisa tumbuh dengan baik.Sebelum itu ada baiknya ketahui dahulu cara menyemai bibit cabai agar bisa di tanam.dengan cara ini kita bisa sedikit menghemat pengeluaran bulanan untuk membeli cabai.Diketahui jika cabai kaya akan protein dari 100 gram cabai bisa kita dapatkan 1 hingga 2 gram protein didalam nya,Selain itu cabai mentah dan matang sangat kaya vitamin dan mineral seperti vitamin C,E,K dan D juga sejumlah zat besi,mangan,folat,kalium,thiamin dan juga sumber antioksidan aktif yang dibutuhkan tubuh.Dilihat dari sumber vitamin dan mineral pada cabai,Berikut manfaat cabai untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan jika di konsumsi dalam takaran yang wajar.

Meskipun cabai rawit hanya digunakan untuk menambah cita rasa saja, tetapi cabai rawit ini memiliki manfaat bagi manusia, diantaranya manfaat tersebut yaitu:

1. Pencernaan menjadi lebih lancar

Bagi yang selalu mengalami permasalahan dengan urusan pencernaan, bisa dicoba untuk mengatasinya dengan mengkonsumsi cabai rawit ini. Memang sudah banyak beredar bahwa cabai rawit mampu membantu dalam proses melancarkan pencernaan, hal itu dikarenakan pada cabai rawit mampu menstimulasi sistem pencernaan dengan meningkatnya arus produksi enzim dan juga asam lambung. Oleh karena itu dapat membantu tubuh dalam proses terjadinya metabolisme makanan, lalu ketika sulit mengeluarkan gas dalam tubuh pun dapat diatasi dengan serbuk cabai karena serbuk cabe proses terjadinya asimilasi dan eliminasi dalam tubuh dengan adanya stimulasi gerakan peristaltic perut.

2. Membantu dalam penurunan berat badan

Dengan cabai rawit pula bagi yang sedang melakukan diet bisa dibantu dengan mengonsumsi, namun sangat tidak dianjurkan dengan mengonsumsi berlebihan. Cabai rawit yang mampu meningkatkan dalam proses metabolisme ini ternyata mampu pula dalam proses pembakaran lemak secara berlebih.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh
Di dalam cabai di temukan mineral karoten yang begitu berlimpah,Karoten ini sama halnya dengan pro vitamin A yang kuat,Kemampuannya untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dari dalam,Di tambah lagi unsur vitamin C yang anda menjadikan cabai sebagai tumbuhan yang berkhasiat untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan sistem imun tubuh.

4. Baik untuk kesehatan mata
Dalam prosesnya jika rutin konsumsi cabai memberikan efek positif bagi kesehatan mata,Yang berhubungan langsung terhadap pencegahan degenerasi makula dan rabun senja pada orang yang sudah lanjut usia.Secara tidak langsung dan tanpa kita sadari saat kita mengkonsumsi cabai artinya kita sudah mencukupi akan kebutuhan vitamin A 9 persen dari kebutuhan harian.

5. Sumber protein untuk tubuh
Seperti yang dijelaskan diatas,100 gram cabai bisa kita dapatkan setidaknya 2 gram protein,Yang mana protein ini mampu memberikan efek terhadap aliran darah dan oksigen di seluruh tubuh,Protein juga berguna untuk mempertahankan masa otot,tulang dan juga sistem saraf pusat.

6. Pencegah kanker
Sumber vitamin yang ada seperti C,E dan K juga A.Merupakan komponen penting pembentuk antioksidan aktif yang di perlukan oleh tubuh untuk mencegah radikal bebas yang masuk kedalam tubuh,Hal ini berhubungan erat dengan pencegahan kanker.

7. Melawan dalam serangan stroke

Karakteristik cabai rawit yang mampu melancarkan peredaran darah memiliki manfaat terhadap orang yang memiliki penyakit stroke, stroke sendiri terjadi karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah dan terjadinya pembekuan darah pada otak.

8. Nafsu makan meningkat

Seseorang yang mengalami peningkatan dalam nafsu makannya dikarenakan adanya penambahan atau peningkatan pada produksi hormon endophrin dalam tubuhnya, sehingga nafsu makan pada tubuh akan meningkat dengan mengonsumsi cabai rawit ini. Kandungan yang terdapat cabai rawit itu, yang membuat menambahnya produksi hormon endophrin pada tubuh adalah capsaicin yang terkandung dalam cabai rawat.

9. Menjaga kekebalan tubuh

Dengan adanya vitamin C pada cabai rawit, berfungsi mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Jadi kekebalan tubuh manusia dapat terjaga agar tiidak mudah terserang berbagai penyakit.

Ada beberapa varietas cabe, yaitu cabe merah besar, cabe merah keriting dan cabe rawit. Kita tahu semuanya pedas, namun yang paling pedas adalah cabe rawit. Untuk itulah kenapa Cabai rawit disebut sebagai rajanya rempah-rempah. Tahukah Anda bahwa kenapa cabe rawit itu bisa memberikan rasa yang sangat pedas. Rasa pedas yang berasal dari cabe berasal dari zat yang disebut capsaicin, dan kandungan terbanyak ada pada cabe rawit.Sifat-sifat yang diberikan oleh zat capsaicin pada Cabai rawit adalah anti inflamasi , anti – alergi, anti jamur dan anti iritasi. Cabai rawit juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C , dan betakaroten. Mineral yang ada pada cabai rawit adalah, mangan dan kalium, yang semuanya baik untuk kesehatan. Cabe rawit ada yang dalam bentuk bubuk, namun yang segar tentu lebih baik jika memungkinkan didapat.

Tanaman cabe sendiri sangat mudah untuk kita budidayakan. Kita dapat menanamnya di belakang rumah atau pekarangan rumah, atau bias juga di kebun, yang jelas sangat mudah dan gampang. Bahkan menanam tanaman ini pun bias ita lakukan di dalam pot. Hal ini karena tanaman cabe cukup mudah untuk ditanam dan tidak memerlukan banyak tempat. Maka dari itu tak heran jika orang Indonesia sangat suka dengan cabe ini. Meskipun demikian mengkonsumsi terlalu banyak cabe dapat membuat perut kita sakit dan bermasalah pada system pencernaan kita. Tapi taukah anda banyak manfaat yang berkhasiat yang ada dalam kandungan cabe ini yang mungkin belum banyak diketahui , asalkan kita mengkonsumsi dengan jumlah yang sewajarnya dan tidak berlebihan.

Manfaat Cabai Bagi Kesehatan

Cabai memiliki kandungan yang mampu menunjang kesehatan bagi yang menkonsumsinya. Salah satu zat yang sangat baik dimiliki cabai adalah zat kapsaikin, kapsisidin, vitamin A dan vitamin C. Vitamin C ini juga kaya kandungan pada cabai, sama seperti manfaat jeruk, manfaat lemon, manfaat anggur yang dikenal sebagai sumber vitamin C.

Cabai termasuk kedalam golongan makanan herbal yang sebenarnya amat menyehatkan. Namun pada perkembangannya banyak dilakukan pengawetan pada jenis bahan makanan ini. Ini justru merusak kandungan alami pada cabai tersebut dan berpotensi membuat permasalahan kesehatan yang lain.

Maka dari itu, kita harus pintar-pintar dalam memilih bahan makanan yang alami dalam bentuk yang masih segar. Pada cabai itu sendiri, apabila dikonsumsi pada orang yang memiliki sensitifitas pada makanan yang pedas, harus dikonsumsi dalam batasan yang wajar dan tidak berlebihan. Karena kita selayaknya menginkan manfaat cabai kita peroleh dengan baik, bukan efek samping karena mengkonsumsinya yang terlalu banyak.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Macam Mcam Produk

Obat Kuat Pria Ampuh Herbal

JASA PENGIRIMAN PAKET

BARANG AMAN BERGARANSI